Our Stories

Nusantara | Explore the beauty of the nature | Learn the diversity of the culture

Nama “Jalanusantara” terdiri dari paduan dua kata, yang bila digabungkan dengan kata “journey” mempunyai arti:

“Jalan” dan “Nusantara”, yang bermakna sebuah perjalanan menelusuri dan menyelami Nusantara melalui kegiatan wisata, baik wisata alam maupun budaya.

Atau “Jala” dan”Nusantara”, yang berarti jaring atau ikatan yang dimaksudkan untuk menjalin kekayaan alam dan budaya Nusantara dan melestarikannya melalui kegiatan wisata.

Vision

Menjadi tour organizer yang mumpuni di Indonesia yang berkomitmen untuk mengangkat potensi alam dan budaya Nusantara agar selalu terlestarikan dan memberi manfaat berkelanjutan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan dengan prinsip saling memberi, menerima, dan berbagi.

Mission

Dari kedua arti nama tersebut, misi dari JalaNusantara Journey adalah menggali, mendokumentasikan, mengangkat dan sekaligus memperkenalkan kekayaan alam sekaligus keragaman budaya di Nusantara kepada masyarakat luas melalui kegiatan wisata bernuansa pendidikan agar semakin terbukanya wawasan terhadap Nusantara.

The Meaning of Logo

Ada dua benda utama dari logo JalaNusantara Journey yang masing-masing mewakili unsur alam dan budaya di Nusantara yaitu:

1. Bunga cengkeh, mewakili unsur alam sekaligus simbol kemakmuran dan kekayaan Nusantara dimana sejarah mencatat berbagai bangsa Eropa dahulu berbondong-bondong mengarungi lautan menuju Nusantara untuk mencari rempah-rempah, dimana salah satunya adalah cengkeh.

2. Bentuk segi empat yang mengapit bunga cengkeh adalah mengambil bentuk dari “ome mbulu”, yaitu ornamen dari perhiasan masyarakat suku Lio di Flores, Nusa Tenggara Timur, mewakili unsur budaya. Ome mbulu ini, biasanya terbuat dari emas, digunakan dalam proses peminangan oleh keluarga pemuda untuk diberikan kepada keluarga pemudi sebagai simbol pengikat bahwa si pemudi telah dipinang. Ome mbulu, dari bentuknya yang unik ini, melambangkan sisi wanita, yang juga berarti kesuburan sekaligus kemakmuran.

Warna dasar dari logo adalah hijau keemasan, lambang dari zamrud khatulistiwa, nama lain dari Nusantara, yang juga merupakan warna kemakmuran dan kelimpahan. Harapannya, setiap langkah dari JalaNusantara Journey akan selalu diberkati dengan kemakmuran, kesuburan, dan kelimpahan.